Kamis, 07 Mei 2009

Dunia Maya Vs Dunia Nyata

Dunia maya merupakan salah satu bagian dari dunia nyata. Namun, di antara keduanya terjadi kontoversi yang saling menjatuhkan sama lain. Dunia maya yang semakin mudah untuk diakses menawarkan berbagai produk unggulannya. Menikmati dunia maya akan banyak menghabiskan waktu di dunia nyata dan akan terbuang sia-sia jikalu tidaklah begitu bermanfaat. Telah banyak media massa yang mempublikasikan jika penikmata dunia maya semakin meningkat dan ditambah fasilitas yang menjanjikan. Salah satu fasilitas yang paling nge-trend atau diminati kalangan muda adalah fasilitas komunikasi. Berbagi bentuk dan cara komunikasi disediakan. Berikut adalah Friendster (www.friendster.com)

, Facebook (www.facebook.com), www.info24jam.com, dan Yahoo messenger, Yahoo mail(www.yahoo.com) , www.gmail.com, dan masih banyak lagi media lainnya. Di antara sekian banyak yang ada, sekarang FB atau Facebook merupakan urutan pertama yang paling digandrungi oleh kaum muda.

Dalam dunia maya kita dapat berchatting secara online. Dapat bertatapmuka melalui web cam yang tersedia. Nama samaran juga terkadang kita temukan di dunia maya. Banyak sekali terpampang jelas mengenai profil seseorang yang dapat dimungkinkan dibuat-buat saja untuk menarik perhatian orang lain saja. Aplikasi komunikasi lain juga tersedia tergantung peminat pengguna untuk menggandrunginya.

Kontroversi yang ada yaitu disinyalir dunia maya akan menghambat proses sosialisasi di dunia nyata. Dipihak pro dan kontra memiliki berbagi argumen yang sangat kuat. Di pihak pro menyatakan kalau kebanyakan para pecinta dunia maya akan banyak menghabiskan waktunya untuk berinteraksi di dunia maya tanpa ada batas waktu yang jelas sehingga proses sosialisasi di dunia nyata akan jelas terhambat. Dunia maya juga mengajak para penikmatnya untuk berimaginasi dan berkhayal saja. Kalangan kontra akan menjelaskan kalau melalui dunia maya akan memperjelas atau mempermudah proses sosialisasi di dunia nyata. Melalui dunia maya kita dapat saling bertukar e-mail atau no. HP. Kita juga saling berinteraksi dan bertukar budaya lintas negara. Dunia maya dapat disebut sebagai fasilitas interaksi sementara dan kita juga harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang semakin modern. Dapat disimpulkan kalu dunia maya dapat mempermudah proses sosialisasi di dunia nyata.

Para netral tentu mendeklarasikan bahwa keseimbangan merupakan hal yang positif. Seimbang di sisn bukan berarti setengah untuk masing-masing tetapi tiap-tiap dunia maya maupun dunia nyata mempunyai porsi tersendiri yang disediakan sehinggsa kehidupan dapat berlangsung dengan lancar tanpa adanya hambatan dalam poses sosialisasi di dunia nyata. Orang yang bijaksana akan pandai memutuskan sesuatu sesuai dengan kondisi yang ada dan seiring perkembangan zaman yang semakin modern dan canggih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More