Selasa, 19 Mei 2009

Wah, Indonesia Pemegang Rekor Dunia Pembabat Hutan Tercepat


Ulasan yang saya angkat kali ini merupakan salah satu berita dari kompas.com. Berita ini merupakan berita fenomenal karena lagi-lagi Indonesia mendapat rekor dalam hal kejelekan, yaitu penebang hutan tercepat. Padahal Indonesia telah dikenal sejak dulu kala sebagai negara tropis yang pastinya memilki hutan lebat yang hijau membentang di sepanjang Jamrud Khatulistiwa. Sungguh hal yang menyedihkan dan mengiris hati betapa banyak lahan yang telah gundul oleh tangan manusia demi keduniawian saja tanpa menghiraukan dampak lingkungan yang ditimbulkan.

Bagi Anda yang kurang tahu atau bahkan tidak tahu sama sekali bahwa setiap tahun, Pemerintah Indonesia memberi izin untuk pembabatan 1,8 juta hektar hutan, atau sama luasnya dengan luas Pulau Bali. Tidak hanya itu, Indonesia juga memperoleh predikat negara yang paling cepat menghabiskan hutan oleh Guinness World Record.

Sungguh hal yang tidak Anda duga sebelumnya. Untuk mengatasi hal itu kita sebagi orang yang mau berterima kasih hendaknya melakukan beberapa aktifitas pengganti dari penebangan hutan tersebut. Mulai dari diri sendiri dan berawal dari al terkecil lantas dikembangkan selanjutnya.

Dari pihak pemerintah telah mengusulkan akan adanya jeda tebang. Dalam kegiatan jeda tebang ada 3 tujuan dilakukannya jeda tebang ini, yaitu menyelamatkan masyarakat yang tinggal di hutan dan sekitarnya, melindungi air tanah, dan melindungi kualitas udara bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More