Senin, 03 Agustus 2009

Eksploitasi SDM Bukan Hanya SDA Saja

Dari berbagai sumber media massa telah banyak diberitakan mengenai terjadinya krisis ekonomi global. Menanggapi hal itu pemerintah dari berbagai negara segera mengambil tindakan yang efektif untuk menghindari dampak negatif yang timbul dari krisis ekonomi global itu. Indonesia sebagai negara berkembang tentunya juga akan mendapatkan imbas sehingga pemerintah segera mengambil tindakan jitu agar dapat meminimalisir efek samping yang ditimbulkan dari hal itu. Pemerintah pun segera menyusun suatu program yang dapat melindungi rakyat dari kerugian yang akan mereka terima nantinya. Program tersebut dijalankan sesuai keputusan yang telah dibuat pada masyarakat. Pemerintah yang hanya memikirkan dampak dalam jangka pendek akan secara ganas mengeksploitasi SDA yang masih tersisa di alam raya Indonesia. Selain itu, pemerintah seharusnya memikirkan jangka panjang yang harus dilakukan. Pemerintah harus memberdayakan SDM di Indonesia guna menyelesaikan masalah yang ada nantinya.

Jumlah SDA yang ada di Indonesia lama-kelamaan nantinya akan habis jika terus menerus dieksploitasi. Dengan adanya SDM yang handal akan mampu mengatasi masalah tersebut. SDA yang dieksploitasi dapat diolah semaksimal mungkin sehingga dapat memberikan keuntungan lebih. Dalam pengeksploitasian harus diperhatikan tata cara yang benar sehingga tidak menimbulkan kerusakan alam di sekitar. Dengan kemajuan teknologi SDA yang melimpah mampu memberikan kesejahteraan bagi rakyat ini.

Dalam pemasaran SDA harus diolah terlebih dahulu agar memeberikan nuntungbyang lebih. Bangsa in sudah merdeka, tidak lagi dimanfaatkan oleh bangsa lain yang hanya ingin mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dari negeri ini. Dalam pembuatan perjanjian seharusnya pemerintah yang terlalu gegabah untuk menyetujuinya. Pelajari dahulu segala aspek yang nantinya akan terjadi jika perjanjian itu disepakati. Jangan hanya menilai keuntungannya saja. Lihat dampak bagi masyarakat dan bagi Indonesia ini.

Tenaga ahli yang ada di Idonesia haruslah juga didominasi oleh bangsa ini sendiri. Jamngan terlalu beergantung pada negera lain yang biasanya dalam bekerja hanya untuk mencari hasil saja bukan untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat. Daerah tertinggal seharusnya diperhatikan secara seimbang dengan daerah lain untuk mengejar ketertinggalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More