Rabu, 26 Agustus 2009

Cuaca Buruk, Discovery Gagal Meluncur

Badan antariksa AS atau NASA (National Aeronautics and Space Administration) gagal meluncurkan pesawat ulang alik Discovery, Selasa (25/8) dini hari atau Selasa siang WIB, akibat cuaca buruk di sekitar landasan peluncuran di Kennedy Space Center, Florida. Pesawat yang telah menjadi pesawat pengorbit tertua itu akan coba diluncurkan kembali, Rabu (26/8).

"Pesawat sudah dioperasikan dengan baik, tetapi cuaca lokal kurang memungkinkan," jelas Pete Nickolenko, Direktur peluncuran Discovery. Komandan Astronot Rick Sturckow memastikan bila cuaca sudah dapat bekerja sama mereka pasti akan segera meluncur.

Pesawat tersebut membawa tujuh orang astronot yang akan menjalankan misi melanjutkan perbaikan stasiun antariksa internasional atau ISS. Selain itu, misi kali ini juga membawa treadmill antariksa seharga 5 juta dollar AS yang dinamai sama dengan salah satu artis Amerika, Stephen Colbert. Treadmill itu akan dipakai para astronot selama di ruang angkasa untuk membantu kebugaran jika menjalankan misi lama.

Colbert yang dikenal sebagai komedian televisi itu memang tidak bisa datang saat hari peluncuran, tetapi dia mengatakan kalau dia bangga kepada treadmill itu. "Dia akan terbang ke luar angkasa dan dapat membantu astronot-astronot lebih langsing," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More