Selasa, 11 Agustus 2009

Apakah Sudah Merdeka Sekarang?

Mendengar kata merdeka pasti erat hubungannya dengan kata penjajahan dan proklamasi. Memang betul sekali kalau setelah masa penjajahan suatu bangsa telah memproklamasikan negaranya maka negera tersebut telah merdeka dari segala bentuk penjajahan. Bangsa Indonesia telah 64 tahun merdeka ( kurang sedikit lagi). Negara Kesatuan Republik Indonesia telah berdiri dengan gagah dan kokoh di antara badai yang menghadang. Segala bentuk perjuangan untuk merebut kemerdekaan dilakukan tanpa pamrih sedikitpun oleh pahlawan bangsa.

Kemerdekaan telah ada di depan mata para penerus bangsa ini. Tiada lagi perjuanagan merebut kenerdekaan harus dilakukan. Melainkan, semanagat untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yangb telah ada ini harus berkobar seperti nyala api yang tidakakan pernah padam oleh apapun. Jangan sampai kemerdekaan ini terebut oleh bangsa lain. Penerus bangsa dapat berperab aktif untuk ikut membela kedaulatan NKRI sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Peran serta mereka sangat berarti demi kemajuan bangsa ini.


Bangsa ini akan cepat berkembang dengan pesat oleh campur tangan pemuda yang reatif, inovatif, cerdas, bermoral, dan berkepribadian tinggi. Pemuda diseluruh pelosok bumi pertiwi ini lah yang nantinya akan membawa bangsa ini di masa mendatang. Membawa pesan dan amanat yang sangat berat dari para pahlawan pendahulu yang telah mengorbankan jiwa, raga, dan harta maupun keluarga.

Sedikitlah untuk mencermati keadaan bangsa ini yang semakin lama citranya sedikit memburuk karena berbagai hal yang tidak diharapkan kedatangannya. Itu merupakan hal yang selama ini tidak disadari. Berbagai ancaman dari dalam dan luar ingin mengganggu stabilitas bangsa ini. Masalah sosial lain juga masih menggunung belumterselesaikan. Pantaskah dikatakan merdeka?

Merdeka merupakan amanah besar yang penuh pertanggungjawaban. Merdeka tidak hanaya terlepas dari segala belenggu penjajahan tetapi juga dari segala bentuk masalah yang mengganggu kemakmuran dan perdamaian bangsa ini. Kita ketahui banyak terjadinya KKN yang telah mengitamkan nama bangsa ini dan apa lagi terorisme yang baru saja membuka mata ini yang selalu terpejam dalam keadaan sadar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More