Selasa, 26 Juni 2012

Event Cerpen Fiksi 3 Dimensi “Komedi Kuliner” Menyambut Milad Radindra Rahman [Deadline 31 Juli 2012, pukul 23.59 WIB]

Bismillahirahmanirahim....

Alhamdulillah, tak terasa perjalanan hidup ini begitu cepat. Begitu banyak rahmat, karunia, dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Semoga dalam perjalanan usia ini selalu dituntun ke jalan yang benar. Amin.

14 Agustus 2012 (insyallah) jika Allah masih memberi kesempatan untuk mengibadahkan sisa umur ini, tepat tanggal itu pula, usia ini akan berkurang dan hari milad itu akan (insyallah) menjadi awal perjalanan hidup yang baru (lagi). Semoga bertambahnya umur akan menjadikan diri ini semakin bijak dalam mengarungi hidup. Amin.

Nah, untuk menyambut milad saya yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2012. Saya mengundang teman-teman (warga Indonesia) di manapun berada untuk meramaikan event cerpen fiksi 3 dimensi “Komedi Kuliner”.

Sesuai tema yang diangkat, yaitu KULINER. Jadi, teman-teman harus (wajib) menyertakan kuliner Nusantara (tidak boleh makanan ‘luar negeri’) untuk dijadikan jalinan cerita. Kuliner bisa berupa makanan (soto, sate, sambal, gado-gado, rendang, dsb), minuman (es campur, es degan, es cingcau, dsb), ataupun jajanan (apem, geletuk, dodol, wingko babat, dsb); (boleh ketiga-tiganya dalam satu cerita; bebas). Buat sekreatif dan seunik mungkin. Tentunya bisa membuat pembaca ngakak habis-habisan. Tapi jangan sampai GARING ya ceritanya, apalagi terlalu MAKSA! Pis!

Nah, di Komedi Kuliner ini ada pilihan kategori (3 dimensi) dan cara join event ini. Cekidot!

Ketentuan umum:
1.    Bergabung di Grup Antologi Es Campur, add akun facebook AE Publising Pati, dan Radindra Rahman II / Penulis Alam Maya (tak perlu keduanya)
2.    Wajib tag info ini ke minimal 25 teman FB beserta AE Publising Pati dan Radindra Rahman II / Penulis Alam Maya
3.    Tulisan tidak menyinggung SARA, tidak memicu konflik, tidak berbau pornografi, apalagi membuat citra kuliner tanah air menjadi buruk (sopan-santun)
4.    Naskah harus asli karya sendiri (bukan plagiat), belum pernah dipublikasikan di media manapun, dan tidak sedang diikutkan dalam event serupa
5.    Peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 3 naskah terbaiknya (1 naskah di setiap kategori)
6.    Sertakan biodata narasi 40-50 kata di akhir naskah (jangan dipisah); biodata terdiri dari nama asli, nama pena, e-mail/HP/jejaring sosial, prestasi menulis, dan lain-lain
7.    Update peserta di note AE Publising Pati
8.    Pertanyaan bisa diajukan di Grup Antologi Es Campur / inbok AE Publising Pati dan Radindra Rahman II / Penulis Alam Maya
9.    Jika ketiga kategori tidak memenuhi target, event akan diperpanjang sampai memenuhi target ketiga kategori
10.    KULINER NUSANTARA tidak sekedar tempelan dalam cerita, buatlah sehidup dan sekuat mungkin untuk mendukung karakter si tokoh (hidupkan cerita dengan kuliner)

Ketentuan khusus:

Yuk, pilih komedi yang teman-teman suka!

a.    Kategori romance comedy (percintaan bernuansa komedi):

1.    Tulis naskah cerpenmu dalam bahasa Indonesia 4-5 halaman, dalam Ms. Word 2003/2007, A4, TNR 12 pt, spasi 1,5, margin 3333 (justify)
2.    Jenis naskah ini adalah naskah percintaan (romance) yang jalinan cerita tetap ada kuliner nusantara dan bernuansa komedi
3.    Nama kuliner Nusantara wajib digunakan untuk format judul cerita. Misal: Cintaku Senikmat Es Campur, Hatiku Sepanas Sambal Terong, dsb. Buat sekreatif dan seunik mungkin. Tentunya masih ada nama kuliner Nusantara dalam judul cerita (disukai judul yang sesuai dengan nuansa romance)
4.    Kirim naskahmu ke e-mail: penaradindra@yahoo.com, cc: penulisalammaya@yahoo.com. Subjek: [KR]#judul#nama penulis (dalam bentuk lampiran; jangan di badan e-mail)
5.    10 naskah terbaik kategori ‘Romance Comedy’ akan dibukukan dengan pertimbangan tema, kaidah EYD, isi cerita, dkk
6.    Judul cerita tidak ada nama kuliner akan langsung didiskualifikasi


b. Kategori komedi fantasi (fantasi bernuansa komedi):

1.    Tulis naskah cerpenmu dalam bahasa Indonesia 4-5 halaman, dalam Ms. Word 2003/2007, A4, TNR 12 pt, spasi 1,5, margin 3333 (justify)
2.    Jenis naskah ini adalah naskah fantasi yang tetap ada kuliner nusantara dan bernuansa komedi
3.    Nama kuliner Nusantara wajib digunakan untuk format judul cerita. Misal:  Sihir Gado-Gado, Tongkat Tusuk Sate, dsb. Buat sekreatif dan seunik mungkin. Tentunya masih ada nama kuliner Nusantara dalam judul cerita (disukai judul yang sesuai dengan nuansa fantasi)
4.    Kirim naskahmu ke e-mail: penaradindra@yahoo.com, cc: penulisalammaya@yahoo.com. Subjek: [KF]#judul#nama penulis (dalam bentuk lampiran; jangan di badan e-mail)
5.    10 naskah terbaik kategori ‘Komedi Fantasi’ akan dibukukan dengan pertimbangan tema, kaidah EYD, isi cerita, dkk
6.    Judul cerita tidak ada nama kuliner akan langsung didiskualifikasi


c. Kategori komedi horor (horor bernuansa komedi):

1.    Tulis naskah cerpenmu dalam bahasa Indonesia 4-5 halaman, dalam Ms. Word 2003/2007, A4, TNR 12 pt, spasi 1,5, margin 3333 (justify)
2.    Jenis naskah ini adalah naskah horor yang tetap ada kuliner nusantara dan bernuansa komedi
3.    Nama kuliner Nusantara wajib digunakan untuk format judul cerita. Misal:  Kunti Ngidam Sate, Pocong atau Lontong, dsb. Buat sekreatif dan seunik mungkin. Tentunya masih ada nama kuliner Nusantara dalam judul cerita (disukai judul yang sesuai dengan nuansa horor)
4.    Kirim naskahmu ke e-mail: penaradindra@yahoo.com, cc: penulisalammaya@yahoo.com. Subjek: [KH]#judul#nama penulis (dalam bentuk lampiran; jangan di badan e-mail)
5.    10 naskah terbaik kategori ‘Komedi Horor’ akan dibukukan dengan pertimbangan tema, kaidah EYD, isi cerita, dkk
6.    Judul cerita tidak ada nama kuliner akan langsung didiskualifikasi


Hadiah:
Seluruh kontributor akan mendapatkan diskon penerbitan senilai 100.000 (sudah menjadi [termasuk] Anggota Es Campur: Penerbitan Paket Lengkap)* + diskon pembelian senilai 10%.

*Syarat dan ketentuan mengikat:
1. Diskon hanya untuk proses penerbitan buku, bukan pembelian buku (1 x dan masa berlaku diskon akan dirincikan setelah event selesai)
2. Apabila ada 2 naskah peserta yang lolos seleksi, panitia akan menilai 1 naskah untuk menerima diskon penerbitan (misal: juara 1 dan 4, yang diambil adalah juara 1. Apabila juara 1 dan 2, tetap diambil 1 x diskon penerbitan dengan nominal 100.000; tak ada kelipatan)
3. Paket diskon per peserta tidak bisa digabungkan dengan peserta lain untuk proses penerbitan (satu diskon penerbitan = satu judul buku dari peserta yang menerima diskon [misal: si A dan si B mendapatkan diskon penerbitan senilai 100.000, tidak bisa digabungkan menjadi diskon 200.000 untuk satu judul buku. Ketentuan tetap si A menerbitkan buku solo / kompilasi atas nama yang mendapatkan diskon; nominal diskon sesuai yang didapatkan])
4. Ketebalan buku dan lain-lain menyesuaikan syarat dan ketentuan dari penerbit
5. Prosedur lain akan dirincikan setelah event selesai (jika ada)
 

Salam Penuh Semangat,


Radindra Rahman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More