Selasa, 27 Oktober 2009

Memaknai Arti Kehidupan

Mengapa kita hidup? Apa yang harus dilakukan dalam kehidupan? Apa yang harus kita kejar dalam kehidupan? Mengapa kita harus menjalani kehidupan ini? Hal di atas merupakan sebagain kecil pertanyaan di dalam hati kita dalam memaknai arti kehidupan saat ini. Kita sebagai umat manusia pasti ingin tahu kenapa kita harus hidup dan tujuan kita hidup saat ini. Bila kita menjalani kehidupan tanpa mengetahui tujuan hidup yang sebenarnya, kelak akan sia-sia apa saja yang telah kita lakukan. Bila dianaologikan dengan yang lain tentunya akan sama. Bila kita belajar tidak tahu tujuan pasti kita akan kebigungan untuk malakukan apa pada saat kita belajar.

Dalam hal ini penulis mencoba untuk mengupas makna hidup sebagai seorang muslim. Mengapa hal ini perlu dibahas? Kita ketahui bahwa umat muslim saat ini miengalami kemunduran di berbagai bidang kehidupan. Hal itu jangan dianggap bukan urusan kita, sebagai seorang muslim seharusnya ikut memikirkan hal itu karena kita adalah bagian umat muslim itu juga.

Kemunduran yang terjadi di berbagai bidang disebabkan oleh adanya kesalahan memaknai tujuan penciptaan manusia di muka bumi oleh Allah SWT. Kita bisa mengetahui tujuan sebenarnya atau misi penciptaan manusia di muka bumi dengan jelas disampaikan Allah SWT di dalam firmanNya Al Qur’an. Sepengetahuan penulis sampai saat ini adalah sebagai khalifah fil ardh dan beribadah kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More