Senin, 27 Juli 2009

Back To School

Setelah libur selama dua minggu, seluruh siswa kembali lagi beraktivitas seperti biasanya. Duduk manis di bangku masing-masing menerima pelajaran dari guru. Pasti banyak hal baru yang dirasakan. Seperti guru yang baru, teman yang baru, dan sekolah yang baru. Bagi siswa baru pasti sudah menjalani masa pengenalan lingkungan sekolah mereka masing-masing sehingga siswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan baru mereka.

Di hari pertama masuk pasti mereka akan mendapatkan jadwal pelajaran dan mengetahui siapa wali kelasnya. Di antara mereka pasti sudah bersiasat bagaimana menghadapi bapak dan ibu guru baru untuk mendapatkan nilai yang baik. Tidak jarang mereka juga mencari tahu bagaimana sikap guru tersebut dari kakak kelas. Kesan pertama yang diberikan oleh para pengajar baru akan memberikan komentar dari para siswa. Ada yang suka, ada yang tidak suka, dan ada juga yang berkomentar biasa saja.

Di awal bulan pasti setiap ekstrakurikuler yang berada di sekolah-sekolah akan melakukan pengenalan. Di antaranya dengan kemah atau sejenisnya yang sering disebut dengan “Penerimaan Anggota Baru”. Tiap organisasi atau ekstrakurikuler diberikan kebebasan untuk melakukan perekrutan anggota baru. Ada yang dengan melakukan wawancara saja atau sebagainya. Hal ini hanya dialami oleh para siswa baru.

Bagi siswa yang cenderung study oriented pasti sudah memilki segudang ide atau persiapan bagaimana untuk mendapatkan nilai terbaik atau menjuarai berbagai olimpiade. Mulai dari belajar setiap hari, mengikuti bimbingan secara full time, dan sebagainya. Selain itu, mereka juga bersiasat untuk menghadapi lawan-lawannya untuk mendapatkan peringkat di kelas. Menilai kelemahan dan kekurangan teman dan diri sendiri sehingga mampu mengambil tindakan selanjutnya.

Para senior di tiap tingkat pendidikan pasti sudah menyusun rencana untuk studi lanjutan mereka. Bagi siswa kelas VI SD sudah mulai memilih SMP yang bagus di semua sisinya. Para siswa kelas IX SMP pasti mencari informasi mengenai SMA favorit di kota masing-masing. Terakhir bagi siswa kelas XII SMA tentu sudah memikirkan masa depan karir mereka sehingga nantinya bisa menentukan akan melanjutkan studi di mana. Persiapan untuk menghadapi UNAS yang sudah semakin berat mulai sekarang pasti sudah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More