Selasa, 28 April 2009

Languages of Bahasa

Salam jumpa para pembaca setia blog ini. Dalam artikel kali ini saya ingin mengupas tuntas judul yang telah saya ketik di atas. Mungkin bagi Anda akan merasa kebingungan untuk memahami arti judul tersebut. Jangan khawatir,
judul tersebut memang tidak memiliki arti khusus melainkan hanya sebagai penarik minat baca saja. Bila ditinjau dari sudut bahasa judul tersebut sanagat salah karena tidak sesuai dengan kaidah penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk mempersingkat waktu, demikian sedikit pengantar dari penulis. Tema 7yang ingi disampaikan oleh penulis yaitu mengenai penggunaan bahasa khususnya Bahasa Indonesia.

Dalam berinteraksi dengan individu lain kita pastinya memerlukan suatu alat komunikasi. Bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang paling vital keberadaannya. Kita tidak akan paham atau mengerti apa maksud yang ingin disampaikan oleh seseorang tanpa menggunakan bahasa. Dalam kehidupan yang selama ini sudah Anda jalani tentunya banyak sekali ragam bahasa yang diketahui. Namun, saya yakin Anda tidak ahli atau mahir mnggunakan bahasa yang ada di berbagai penjuru dunia. Pengetahuan tentang suatu bahasa sangat diperlukan sebagi bekal Anda dalam kehidupan. Mlai dari cara pengejaan sampai penggunaan dalam kehidupan sehari-hari perlu Anda pelajari nsampai akhir hayat nanti. Bagi diri pribadi saya, menggunakan bahasa dengan baik, benar, tepat, dan indah merupakan sesuatu hal yang tersulit. Bagaimana dengan diri Anda? Sepengetahuan yang saya miliki, penggunaan bahasa yang baik dan benar merupakan lauk-pauk sehari-hari bagi para pelajar sedangkan penggunaan bahasa yang tepat dan indah adalah santapan lezat bagi kaum sastrawan.

Bahasa Indonesia adalah bahasa bagi Bangsa Indonesia. Berbicara mengenai Bahasa Indonesia merupakan hal yang membosankan bagi Anda yang tidak tertarik sama sekali. Namun, saya sangat prihatin karena banyak teman pelajar dan masyarakat umum menggunakan Bahasa Indonesia menyimpang dari kaidah-kaidah penggunaan yang telah ada.Hal ini dicontohkan dengan jelas dan terperinci dalam sebuah buku yang pernah saya bacadengan judul “Bahasa Menunjukan Bangsa” karya Alif Danya Munsyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More